MGFbLWN8MaB8LGN7NaBdNGRbNDcsynIkynwbzD1c

Kotoran Hewan Mungil Ini Ternyata Simpan Bakteri Ganas Pemakan Daging

BLANTERLANDINGv101
5528357659363601221

Kotoran Hewan Mungil Ini Ternyata Simpan Bakteri Ganas Pemakan Daging

11/09/14
Victoria, Peneliti penyakit menular di Victoria's Barwon Health telah menemukan bahwa hewan kuskus ternyata dapat menyebarkan bakteri Buruli. Bakteri Buruli adalah bakteri yang dapat menyebabkan borok parah pada manusia.

Professor Daniel O'Brien dari Barwon Health mengatakan bakteri Buruli banyak ditemukan khususnya pada kotoran kuskus. Akan tetapi perlu riset lebih jauh untuk memastikan apakah kontak langsung dengan kotoran dapat membuat manusia langsung terinfeksi bakteri.

"Yang kita tahu adalah area di mana terdapat banyak kasus infeksi dan kuskusnya juga terinfeksi, adalah kotoran kuskus tersebut memang mengandung sejumlah besar organisme bakteri," kata O'Brien seperti dikutip dari ABC Australia, Rabu (10/9/2014).

Infeksi bakteri di tubuh bermula dari bintil kecil seperti jerawat yang tidak sakit atau gatal, kemudian bintil tersebut akan pecah dan menjadi borok. Jika tidak diobati borok tersebut dapat menyebar.

O'Brien mengatakan meskipun infeksi bakteri dapat disembuhkan, namun jika tidak ditangani dengan cepat dapat menjadi masalah serius.

"Pengobatan sebenarnya cukup rumit. Tindakan pengobatan umumnya melibatkan penggunaan antibiotik jangka panjang yang sulit dilakukan dan seringnya melibatkan operasi," ucap O'Brien.

O'Brien menyarankan untuk menghindari kemungkinan infeksi bakteri dari kuskus. Buang kotoran secara higienis dan cuci tangan sesering mungkin setelah kontak langsung dengan kuskus.

Kuskus di Indonesia sendiri adalah hewan yang dilindungi. Namun kenyataannya hewan mamalia berkantung ini ternyata dapat dengan mudah diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan.

(vit/vit)
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Masukan Data Anda
Pilih Layanan
Kirim Sekarang