MGFbLWN8MaB8LGN7NaBdNGRbNDcsynIkynwbzD1c

Begini Caranya Melatih Anak agar Mandiri!

BLANTERLANDINGv101
5528357659363601221

Begini Caranya Melatih Anak agar Mandiri!

11/09/14
KETIKA kita ingin melatih anak-anak untuk mandiri dan belajar melayani, salah satu alat yang sangat efektif untuk digunakan adalah pekerjaan sehari-hari di rumah. Caranya dengan membimbing anak untuk terlibat.
Berikut tips mendidik anak agar bisa membantu pekerjaan rumah Anda:

1. Jadikan kegiatan keseharian sebagai hal yang asyik
Orang tua harus melihat bahwa kegiatan sehari-hari adalah kegiatan yang asyik. Orang tua yang ikhlas menjalani keseharian akan membuat anak-anak tak memandang kegiatan itu sebagai beban. Kalau orang tua sering mengeluh dan menganggap kegiatan keseharian itu tidak asyik, persepsi itu juga akan ditangkap anak sehingga mereka akan berpandangan bahwa pekerjaan rumah adalah beban yang harus dihindari.

2. Mulai dari hal yang sederhana
Ketika kita melakukan pekerjaan rumah, banyak hal yang bisa dilakukan anak karena pada dasarnya anak senang melakukan pekerjaan orangtua. Apalagi ketika orangtua melakukan dengan bahagia dan anak melihatnya sebagai hal yang menantang baginya.
Mungkin anak belum bisa menyapu karena tangannya belum kuat memegang sapu dan mengayunkannya dengan benar. Tapi ketika orang tua sedang menyapu, anak bisa membantu mengambilkan sapu.

3. Kegiatan tanpa jadwal
Lakukan kegiatan bersama anak secara insidental, tanpa perencanaan. Jadikan kegiatan itu menjadi hal yang asyik dan menyenangkan, bukan beban.
Setelah Anda menyetrika pakaian, sesekali ajak anak untuk memasukkan pakaiannya ke dalam lemari. Lakukan hanya sesekali, tidak setiap hari. Lebih baik lagi kalau kegiatan itu dilakukan atas permintaan anak.

4. Pujian dan apresiasi
Jangan lupa untuk memuji dan mengapresiasi anak setelah dia selesai melakukan kegiatannya. Walaupun pekerjaannya belum sempurna dan banyak kekurangan, tetap berikan pujian kepadanya. Berilah pujian pada inisiatifnya, kesediaannya membantu, dan pertanda bahwa dia besar. [santi/islampos/rumahinspirasi]
TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Masukan Data Anda
Pilih Layanan
Kirim Sekarang